Langsung ke konten utama

Keracunan Zenius

Berawal dari liat-liat Instagram Stories yang rata-rata gue skip semua, gue berhenti sebentar buat liat Stories akun Zenius Education yang isinya tentang lomba blog. Hadiahnya keren juga, siapa sih yang nggak kepengen buku biografi + buku "Mantappu Jiwa"nya Jerome Polin yang laris manis kaya yang nulis? Hehehe.

Tapi di sini gue memang mau cerita aja tentang struggle gue dalam belajar, pengalaman gue pake Zenius, dan yang terpenting gimana si kuning-kuning Zenius ini sudah meracuni pikiran gue hahaha.


Di tulisan ini, nggak ada cerita hebat orang yang lolos SNMPTN, SBMPTN, UM UGM, SIMAK UI, atau apalah nama-nama ujian seleksi PTN itu. Ya, ini cerita gue, anak kelas 11 SMA yang masih baru di Zenius. Basi banget kalo gue bilang, gue nyesel nggak pake Zenius dari dulu. Alhamdulillah gue kenal Zenius pas SMA dan untungnya belum menghadapi SBMPTN. Tapi mau gimana pun, gue tetep aja nyesel nggak pake Zenius dari dulu. Gue nggak tau gimana kalo gue pake Zenius dari SMP atau bahkan SD, pasti gue udah ikut OSN, bukan cuma ikut seleksi tingkat sekolah doang terus kalah hahaha.

Tapi ternyata yang diajarin di Zenius bukan sekadar untuk dapet nilai 100, ranking 1, ikut Olimpiade, lolos seleksi masuk PTN atau apapun itu. Yang Zenius ajarin ternyata lebih dari itu semua. Apa sih memang? Ya, dibaca dong sampe abis hehehee.

Gue ini pengguna baru Zenius Education. Tapi jauh sebelum gue beli membership untuk pertama kali, gue udah tau Zenius dari blog dan pastinya akun Instagram Zenius Education. Saat itu gue bahkan nggak tau Zenius itu sebenernya apa.

Gue inget waktu SMP kelas 9, pas lagi sibuk-sibuknya belajar buat UN, gue nyari materi tentang "Persamaan Garis" yang bikin gue pusing dan enek banget buat belajar matematika. Disitu lah gue mungkin pertama kali tau Zenius. Kenapa gue bilang mungkin, ya karena gue bener-bener nggak pernah sadar akan kehadiran sang master Zenius ini.

Gue nggak inget waktu itu sempet nonton videonya yang gratis apa nggak, yang gue inget gue disuruh bayar buat akses lengkap ke semua materi pembelajaran. Apakah gue tertarik? Oh, tidak semudah itu ferguso. Jujur, gue udah paling males kalo disuruh bayar. Mental gratisan hahaha. Lagian kan belum tentu bagus juga.

Berlanjut di blognya zenius, gue nggak inget deh berapa artikel yang udah gue baca sebelum daftar membership. Banyaaaaaak banget.

Pas kelas 9, sekolah gue ngadain tes bakat minat dan ternyata di hasil tesnya juga ada skor IQ gue. Sebenernya IQ gue nggak rendah-rendah amat, tapi karena 8 angka di bawah kakak gue, dia jadi ngeledekin gue terus.

Yang bikin gue makin sebel adalah tiap kali gue sama kakak gue lagi debat (aka berantem), dia selalu motong kata-kata gue dengan kalimat, "udahlah diem aja lu, IQ lu aja kalah sama gue!" Kesel nggak sih, woyyy. Akhirnya gue coba searching tentang IQ. Apa sih IQ itu? Sepenting itu ya skor IQ? Apa skor IQ nggak bisa berubah?

Sampailah gue di artikel Zenius yang ini. Kalo aja gue udah baca artikel itu sebelum kakak gue ngeledekin gue, pasti gue babat abis deh kata-kata kakak gue. Apalagi kakak gue tes IQnya udah 10 tahun yang lalu hahahhaha.

CARA BELAJAR GUE DULU
Waktu SMP, sama kayak kebanyakan orang, gue benci banget sama pelajaran matematika. Bahkan sampe kelas 9 pun nilai mtk gue ada di kisaran 4-7. Pernah sih dapet nilai bagus, tapi nggak sesering remedialnya.

Katanya mtk itu penting, tapi gue masih nggak ngerti apa gunanya di kehidupan gue. Matematika yang rumit kayak gitu memang bakal kepake di kehidupan sehari-hari? Memangnya nanti pas gue kerja ini semua pelajaran bakal kepake?

Masuk akal kalo nilai gue di bawah KKM mulu. Nggak bisa berawal dari nggak suka. Gue nggak suka matematika karena belom tau gunanya belajar matematika apa dan belom nemu titik serunya belajar matematika.

Sama halnya kayak di pelajaran IPA (fisika, kimia, dan biologi masih nyatu). Penting banget gitu ya, gue hafal nama-nama mikroorganisme buat bioteknologi? Atau segala macem rumus yang bahkan gue nggak tau asalnya dari mana. Gue aja nggak tau kenapa rumusnya bisa kayak gitu, gimana gue mau suka? Gimana gue bisa paham?


Apalagi beberapa guru gue itu tipe 'yah pokoknya begini'. Dikasih tugas, buat rangkuman, dinilai, beres. Dikasih latihan soal, minggu depan ulangan, beres. Gue makin bingung, apa sih tujuannya gue sekolah? Gue ngerasa sekolah itu cuma formalitas aja biar dapet ijazah dan nggak bener-bener dapet ilmunya. Yap, sia-sia deh gue sekolah bertahun-tahun.

Tiap kali buka bab baru, gue udah males duluan. Materinya banyak banget, nggak sanggup gue. SMP aja gue udah begini, apalagi SMA?

Walaupun nilai gue nggak jelek-jelek amat di pelajaran selain matematika, gue tetep aja nggak puas. Nggak ada semangat yang bener-bener gue dapetin buat belajar. Gue belajar semata-mata untuk ulangan aja. Ngapalin sebanyak-banyaknya materi buat gue tuangin di kertas jawaban besok paginya dan setelah ulangan, gue bakal lupa deh sama semua hafalan itu. Bahkan kadang gue nggak ngerti sama apa yang gue tulis pas ulangan.

Kayak yang dibilang di channel Prince Ea di video "BEFORE YOU GO TO SCHOOL, WATCH THIS" ini.






Lama-kelamaan gue capek sendiri. Apa yang gue hafalin bahkan nggak gue ngerti maksudnya. Ilmu hafal-hafalin ini bener-bener nggak guna ketika gue ngerjain soal-soal yang bisa dibilang HOTS. Asal tau rumus aja nggak cukup buat ngerjainnya. Bener-bener butuh pemahaman dari konsepnya yang paling dasar.

Ketika gue men-challenge diri gue dengan pertanyaan "sejauh apa, sih, gue ngerti tentang materi ini?" Gue bener-bener malu karena ternyata yang selama ini gue anggap belajar itu belom bener-bener belajar.

Gue berasa sia-sia sekolah dari jam 6.30 sampe jam 14.00. Belajar selama itu tapi sebenernya gue nggak ngerti esensi dari apa yang gue pelajari.

Puncaknya ketika UN SMP, gue kesulitan pas ngerjain soal yang termasuk soal HOTS. Rumus cepet, cara cepet memang berguna buat soal yang udah pernah gue temuin sebelumnya dan bisa ngehemat waktu. Tapi buat soal-soal HOTS, itu bener-bener nggak guna.

UN Bahasa Indonesia masih gampang deh. Tapi pas UN mtk, baru nomor 1 aja gue udh nge-down gara-gara ketemu soal yang belom pernah gue liat sebelumnya. Begitu juga sama soal IPA & Bahasa Inggris.

Nilai gue nggak jelek, tapi nggak bisa bersaing buat masuk SMA pilihan pertama (ini juga karena faktor zonasi). Terpaksalah gue masuk SMA pilihan kedua.

Sampe saat itu gue mulai sadar kalo cara belajar gue bener-bener salah, bahkan pola pikir gue juga salah.


Katanya, orang tuh harus belajar dari konsep dasarnya. Tapi gimana cara gue bisa belajar dari konsep? Cara belajar gue selama ini aja masih salah. Ini lagi belajar dari konsep, apa itu hahhh?

Belajar, masih jadi hal yang nyebelin saat itu. Bosenin, nggak asik. Pokonya gue masih terpaksa buat belajar karena pengen dapet nilai bagus pas ulangan. Gue belajar semaleman pake sistem kebut semalem. Belajar yang gue maksud adalah buka buku, baca-baca-baca, catet-catet-catet, terus dihafalin deh. Iya sih, gue emang dapet nilai bagus. Tapi kayak yang gue bilang sebelumnya, gue ngerasa nggak dapet esensi dari belajar kalo cuma ngejar nilai. Cara belajar kayak gitu tuh, bener-bener nggak enak.

KENAL ZENIUS
Dari dulu gue memang nggak cocok sama bimbel konvensional. Selama gue sekolah, baru sekali gue ikut bimbel langsung kayak gitu. Itu pun nggak sampe sebulan. Selain karena harus keluar biaya lagi buat transport, gue juga mager banget buat berangkat hehe. Udah capek sekolah, ditambah bimbel lagi. Dan yang bikin gue milih berhenti ikut bimbel konvensional adalah gue tetep nggak ngerti materi pelajarannya. Jadi bimbel nggak ngaruh-ngaruh amat buat gue.

"Ini kakak tutornya ngomongin apa, sih? Ngomongin orang yah, haa?"
"Itu akar dua dari mana, woy, bisa pelan-pelan aja nggak sih ngajarinnya?"

Di tempat bimbel juga nggak ngerti, jadi tetep aja gue belajarnya di rumah. Ikut bimbel konvensional sama ngeboseninnya kaya belajar di sekolah. Terus gimana dong? Gue harus belajar apalagi udah masuk SMA tapi cara belajar kayak gini bener-bener nggak cocok buat gue.

Gue ngerasa lebih cocok belajar sendirian biar fokus. Gue tipe belajar yang audio-visual dan harus ada seseorang yang ngajarin gue. Kalo cuma baca buku, bakal gampang banget buat lupa lagi.

Karena gue mental gratisan, gue nyoba cari materi pelajaran di Youtube. Ketemu deh sama channel Youtube Crash Course. Di channel itu, akhirnya gue bisa ber-oohhh ria. Gila, bener-bener seru banget. Di situ gue ngerasain rasanya paham sama suatu materi lebih memuaskan dari pada dapet nilai bagus tapi sebenernya nggak ngerti apa maksudnya.

Sayangnya karena kemampuan bahasa Inggris gue yang cetek dan masih sedikit juga video yang ada subtitle bahasa Indonesianya, gue kadang nggak ngerti sama apa yang diomongin Om John Green sama Mbak Shini Somara (dan pengisi lain yang nggak gue tau namanya).

Gue yang awalnya skeptis sama bimbel online, mulai tertarik buat nyoba karena ternyata gue cocok sama cara belajar yang kayak gitu. Selain waktunya fleksibel, gue juga jadi nggak gampang bosen.

Tapi mau pilih bimbel online yang manaaa?! Sekarang kan, lagi banyak banget, nih, bimbel online bertebaran.

Hunting pun dimulai. Awalnya gue nggak milih Zenius (karena nggak tau eksistensi Zenius) tapi pas gue lagi scrolling Instagram, gue baru sadar kalo gue udh follow akun Instagramnya Zenius. Loh? Memangnya Zenius ini apa, sih? Kok bisa-bisanya gue nggak sadar kalo Zenius tuh bimbel online? Ya, monmaap nih Zen, gue selalu nge-skip semua Stories akun lo, apalagi bacain testimoni orang-orang. Duh males banget. Itu dulu Zen, sebelum lo ngeracunin pikiran gue dengan ramuan-ramuan mujarab itu.

Setelah mulai tertarik sama Zenius, gue mulai nyari-nyari testimoni pengguna si kuning ini. Berawal dari Instagram terus mulai rutin baca blognya Zenius, bacain cerita pengguna Zenius di Quora, sampe nonton Youtube dari pengguna Zenius (gue juga baru sadar kalo Zenius punya channel Youtube dan gue udh subscribe dari dulu!!).

Gue mulai nontonin video-videonya Zenius yang bisa diakses gratisan. Sebagai perbandingan, gue juga nontonin video dari bimbel online yang lain. Tapi bener-bener ada yang beda di Zenius ini. Penjelasannya nggak text book banget. Walaupun cuma layar putih (atau item) yang dicoret-coret, tapi gue nyambung sama yang diomongin tutor di Zenius. Apalagi bahasanya nggak kaku, jadi berasa belajar sama temen aja. Gue jadi penasaran sama lanjutan videonya. Eh pas gue mau lanjut ke video berikutnya, nggak bisa diakses guys, harus beli membershipnya dulu😭.

Ya udah deh, gue cari video lain yang masih bisa diakses gratisan. Sampelah gue di video Zenius Learning. Tepatnya di video Zenius Learning How to Learn. Seperti yang tadi, cuma video pertama yang bisa ditonton. Selanjutnya nggak bisa. Dan di video ini lah gue smackqueen yaqueen buat pilih Zenius.

Yap, inilah yang gue cari. Kira-kira kalo kata Bang Sabda tuh, "ketika belajar udah jadi hiburan, nggak peduli belajarnya itu buat tes atau ujian, kalo memang udah enjoy dilakuinnya, itulah tingkat tertinggi dalam konsep belajar."

Gila, gue pengen banget bisa begitu. Selama ini gue belajar karena terpaksa. Tapi belajar bisa jadi hiburan? Gimana tuh caranya?

Sempet mikir, jangan-jangan ini mah cuma omdo aja tapi gue juga penasaran memang gimana sih caranya Zenius bisa bikin belajar jadi enjoy.

Setelah ngabisin semua video yang gratisan, gue akhirnya beli voucher membership Zenius untuk pertama kali. Sebenernya gue masih belom yakin saat itu dan pengen buktiin sendiri sengaruh apa sih Zenius buat gue.

MULAI PAKE ZENIUS
Karena semester baru belom mulai dan gue masih dalam suasana abis liburan, gue nyoba nontonin video-video di Zenius Learning dulu. Lumayan buat fondasi sebelum mulai belajar. Bagian dari Zenius Learning yang gue abisin duluan adalah yang 'Learning How to Learn'.

Belajar itu ternyata ada skill-nya dan seperti skill yang lain, belajar juga butuh belajar. Aduh denger kata belajar aja udah anti duluan. Eh ini lagi belajarnya kuadrat. Hadehhhh.

Ternyata bener, cara belajar gue sebelumnya itu nggak efektif dan efisien. Retention rate gue rendah, jadi apa yang gue pelajarin nggak menetap lama di otak gue. Percuma deh belajar banyak-banyak tapi yang diinget cuma sebagian kecilnya aja.

Terus belajar juga jangan cuma biar lulus (atau dapet nilai bagus) tapi ilmunya sendiri harus berguna. Di video ini bener-bener ngejawab pertanyaan gue yang "apa sih gunanya gue belajar ini itu?"

Gunanya belajar ada yang terasa langsung dan yang nggak langsung. Dan jauh lebih banyak yang nggak terasa langsung. Ini yang nggak gue sadari dulu. Dengan belajar, secara nggak langsung ngebentuk pola pikir gue dan konsep-konsep dasar yang didapet di pelajaran-pelajaran itu bisa diterapkan buat nyelesaiin masalah di kehidupan sehari-hari.

Mungkin gue nggak bakal pake rumus-rumus fisika di kehidupan sehari-hari. Tapi dari ngejawab soal fisika, gue bisa ngelatih cara berpikir yang analitis dan terstruktur. Juga kreatif dalam nyelesaiin masalah.


Ada salah satu analogi tentang belajar di sekolah. Kayak yang selalu gue pertanyakan, "memangnya belajar ini itu bakal kepake langsung di kehidupan sehari-hari?"

Misalnya ada seorang atlet tinju, dalam latihan dia nggak cuma latihan mukul samsak aja, kan. Tapi dia juga latihan push up, sit up, squat-jump, lari, yaa pokonya latihan kebugaran deh. Memangnya pas tanding bakal kepake? Nggak. Tapi dari situ fisik si petinju bakal kuat, ototnya kebentuk, dan itu ngaruh ke pertandingan.

Jadi ketika gue belajar logaritma, eksponen, dan kawan-kawannya, gue mungkin nggak bakal pake itu langsung buat nyelesaiin masalah di kehidupan sehari-hari. Tapi setidaknya gue udah terlatih buat sabar karena udah pernah ngadepin soal kaya gitu😭. Juga latihan mikir yang analitis dan teliti biar dapet jawaban.

PAKE ZENIUS SELAMA SEKOLAH
Selama gue pake Zenius di kelas 10, rank gue lumayan bagus, masuk 5 besar. Ulangan juga banyak kebantu. Apalagi kalo guru gue kurang jelas pas ngejelasin, gue tinggal buka HP pasang earphone, nonton Zenius deh.

Tapi yang bener-bener terasa beda adalah gue mulai ngerasa enjoy pas belajar. Ini cita-cita gue sejak pertama kali beli voucher Zenius. Di SMA juga makin sering presentasi. Biasanya temen-temen gue bakal nanya, "eh udah ngafalin materi buat presentasi belom?" Dan dengan entengnya gue jawab, "ngafalin? Apa itu?😂"

Karena gue pikir kalo mau presentasi ya tinggal pahamin materi bener-bener terus buat mind-map aja. Kalo pake powerpoint malah jadi lebih gampang. Abis itu latihan ngomong deh. (Jiwa sombong gue mulai terkuak ahahhaha)

Kalo gue mulai tergiur buat pake cara cepet atau ngafal aja tanpa dipahamin dulu pas mau ulangan atau presentasi, gue bakal ngingetin diri gue sama kata-katanya Bang Sabda yang ini:

Hindarin cuma ngafal rumus, cara, atau kata-kata. Karena prinsipnya walaupun lo hafal kata-katanya, tau cara dan rumus-rumusnya tapi lo nggak ngerti apa yang dimaksud, nggak akan ada gunanya.

Mantap jiwa.

Setelah gue nonton video di Zenius secara rutin, gue nggak terlalu panik kalo ada ulangan dadakan atau sibuk ngejar ketinggalan pas mau UTS/UAS. Bahkan gue sebenernya nggak peduli-peduli amat sama nilai, yaa asal nggak remedial aja.

Gue pengen nyoba buat belajar secara tulus karena gue butuh, bukan sekadar karena nilai. Pas hasil ulangan dibagiin atau pas ambil raport, nilai gue ternyata bagus bahkan lebih bagus kalo dibandingin ketika gue lagi ambis nilai. Dan karena hal ini juga, gue jadi lebih berani buat nyoba hal-hal baru, kayak ikut organisasi, ikut lomba atau ikut seminar. Pokonya kegiatan yang ninggalin kelas deh, dan gue nggak takut ketinggalan pelajaran karena gue bisa kejar di Zenius.

Liburan tahun ajaran baru ini, gue udah ngabisin satu bab materi Sejarah Peminatan dari Renaisans sampe Revolusi Industri. By the way, gue anak IPA dan nggak ada pelajaran Sejarah Minat. Gue juga ngulang materi-materi kelas 10, terutama di Kimia dan Biologi (karena dua-duanya seruuu). Alasannya karena gue gabut selama liburan dan entah kenapa gue berasa udah nemuin sesuatu yang seru di proses belajar itu. Belajar bahkan nggak berasa kayak lagi belajar karena gue anggep lagi nonton youtube aja. Nontonin sesuatu yang menyenangkan untuk ngisi waktu luang gue.

Gue inget kata tutor sejarah minat, Ka Hilman (tutor yang kocak banget kalo lagi jelasin😂), "belajar sejarah itu latihan investigasi, latihan menyelidiki fenomena sosial yang terjadi di sekitar dengan melihat masa lalu."

Jadi jangan belajar sejarah modal hafalan doang. Terus katanya kalo mau nonton video sejarah, nontonnya pas mau tidur aja biar berasa didongengin hahahaha.

Gue tertarik belajar sejarah peminatan ini murni karena seru dan gue penasaran. Karena di IPA nggak ada pelajaran sejarah minat. Kadang, selesai nonton video di Zenius, gue lanjut searching tentang materinya. Cari referensi-referensi lain kalo masih ada rasa penasaran.

Sebenernya bukan cuma di pelajaran sejarah minat, tapi di pelajaran lain juga. Di kimia, apalagi di biologi, gue selalu usahain buat nyari referensi lagi buat nambah catetan. Kayaknya tutor di Zenius ini sengaja banget bikin penjelasan yang bikin orang makin penasaran, biar jadi nagih buat belajar. Hayoo ngaku, Zen, ngakuu.



Di sinilah gue nemuin 'The Joy of Learning'. Ketika gue nggak lagi belajar karena ambis nilai, tapi semata-mata karena gue penasaran, gue mau tau, dan gue butuh tau.

Dulu yang gue anggep belajar adalah ketika gue buka buku, baca, catet, terus hafalin. Padahal kan, belajar itu artiannya luas. Nggak sekadar belajar di sekolah untuk tujuan akademik.

Dari blog Zenius yang ini, gue jadi tau ada 3 hal penting untuk diperhatiin dalam proses belajar.

Yang pertama, ada rasa takut. Ketika nyoba sesuatu yang baru, pasti ada aja perasaan takut. Takut gagal, takut malu kalo nggak bisa, takut kalo usaha yang dilakuin nggak sesuai sama hasilnya. Itu semua wajar dan kalo lo bisa melawan rasa takutnya, lo bakal naik level karena udah berani nyoba sesuatu yang baru.

Gue suka nulis, tapi dulu gue nggak pernah berani buat publikasiin hasil tulisan gue. Selama ini gue cuma nyimpen hasil tulisan gue buat sendiri. Gue takut dikritik, takut karya gue dibilang jelek, takut kalo banyak yang nggak suka. Padahal kan, wajar aja kalo dikritik, dibilang jelek, atau ada yang nggak suka, namanya juga gue masih pemula.

Selama itu lah tulisan gue nggak pernah berkembang. Sampe akhirnya gue beraniin buat ikut lomba bikin puisi sama bikin cerpen di sekolah. Satu langkah besar yang gue ambil, buat ngalahin rasa takut dan minder gue. Hasilnya gue menang di dua lomba itu. Dari rasa percaya diri yang mulai tumbuh, gue beraniin lagi buat nge-post tulisan gue secara online biar gue bisa dapet feedback dari yang baca.

Yang kedua, ada teori. Teori ini harus sesuai sama prakteknya dan asalnya dari pengalaman. Nggak cuma pengalaman dari diri sendiri tapi juga pengalaman orang lain. Selama peradaban manusia, kan, udah banyak yang dilalui, selama itu juga manusia udah nyoba berbagai macam hal. Nah, dari pengalaman orang itu kita bisa ambil pelajaran dan dari pelajaran itu kita bisa kembangin lagi biar jadi sesuatu yang berguna.

Yang ketiga, ada action. Kalo cuma tau teorinya tapi nggak pernah dicoba, dari mana kita bisa tau kalo kita bisa? Modal teori main basket belom berarti bisa main basket. Teori dan praktek itu harus sejalan. Kadang buat ngelakuin action ini memang butuh kesempatan. Sayangnya, kesempatan nggak sering terjadi. Jadi kalo ada kesempatan, jangan disia-siain. Biar pun begitu, kesempatan nggak selalu dateng nyamperin, tapi kesempatan juga nunggu buat didapetin. Bahkan kita bisa ciptain kesempatan itu sendiri. So, kita harus siap dan berani ambil action ketika ada kesempatan.

Bisa disimpulin kalo tiga hal tadi saling berkaitan, ya. Setelah gue perhatiin tiga hal itu, gue jadi bisa mengintrospeksi proses belajar gue selama ini, yang banyak banget kesalahannya.

Suatu saat nanti, mungkin gue bakal lupa materi-materi pelajaran yang gue dapet selama sekolah. Tapi dari proses belajar gue selama itu lah yang ngebentuk diri gue, pola pikir gue, dan itu bukan hal yang instan buat didapetin. Itu semua yang permanen melekat di diri gue.

Gue berterima kasih banget sama Zenius yang secara langsung dan nggak langsung udah menyadarkan gue tentang semua itu.

Gue sebagai pengguna Zenius di HP seneng banget karena sekarang Zenius ada aplikasinya yeay. Nah kalo mau tau lebih jauh tentang aplikasi Zenius, bisa nih baca artikelnya di sini.

Sekarang mau belajar di Zenius makin praktis deh. Oh iya, gue juga suka banget sama quotes yang ditampilin sebelum belajar. Banyakin quotes dari tutor-tutor kecenya ya, Zen. Dan selamat ulang tahun! Semoga semakin inovatif dalam memajukan pendidikan di Indonesia!

Komentar

  1. Gabung Bersama kami di Betpulsa,net
    Daftar di Betpulsa,net Dan mainkan Ratusan Game Dalam 1ID
    Situs Paling Terpercaya Betpulsa
    Menangkan Bonus Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    Jaminan Kemenangan Bergaransi.
    AYO SEGERA BERGABUNG DAN BUKTIKAN SENDIRI

    Games Yang Tersedia Antara Lain :
    * SPORTSBOOK
    * POKER
    * LIVE CASINO
    * IDN LIVE
    * BLACK JACK
    * SLOT ONLINE
    * SABUNG AYAM S128

    Promo di Betpulsa :
    * Min Depo 25 K
    * Min WD - 50 K
    * Bonus New Member 15%
    * Next Deposit 10%
    * Bonus Harian 5%
    * Bonus Naik Level
    Dan Masih Banyak Bonus Lainnya.
    * Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Rate 100%
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop tanpa kendala
    * Proses Deposit & Withdraw Tercepat
    * Jaminan Jackpot 100% Dan Mudah Cair
    * Livechat 24 Jam Online
    * Segera Bergabung Di Betpulsa,net
    * Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi CS Kami

    ## Contact_us ##
    WHATSAPP : 0822 7636 3934

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Literasi

Puisi Akrostik — sebuah dialog untuk generasi bangsa. Generasi penerus bangsa, mereka berujar. Entah meneruskan apa, kami hanyalah api yang berkobar. Negara yang kacau karena dewan perwakilannya meracau? Elit buncit yang melilit rakyat hingga pailit? Rasanya kami bukanlah penerus semua itu. Abaikan kata penerus, kami adalah pendobrak. Saatnya dobrak kebobrokan yang berkerak. Ingatlah semangat pendahulu bangsa yang bergolak. Bukan, kami bukan generasi yang tak acuh. Ambil semua omong kosong dan buang jauh-jauh. Naluri tidak izinkan kami berada di kolam keruh. Gejolak semangat pemuda membasuh. Sekarang, siapa yang harus benahi kondisi gaduh? Amunisi kami siap bergemuruh. TIARA AULIA ZALYANTI XII MIPA 3 (35) TUGAS LITERASI - PUISI AKROSTIK

Hari Guru 2020

Teruntuk guru  — —insan cendekia. Kita muda, kita belia Mereka hadir dengan tugas mulia Mereka membimbing dengan nyaring T anpa pendidik, kita tak pandai menyelidik Tak pula memahami, apa arti hidup ini Ego kami menyelungkup Kelabu jelas menutup Namun mereka tetap sabar merangkul Sosok insan cendekia yang rela memikul lelah, agar ilmu tak memudar Bakti mereka tanpa ingkar, juga tak henti berpendar Membuka mata dan perasaan Sadarkan eksistensi tanpa delusi Mereka hadir membawa kenyataan Bahwa hidup adalah tentang esensi